WOOW,,,,,UNIK DAN KEREN ALAT PENANGKAPAN IKAN SECARA TRADISIONAL TANPA MERUSAK TERUM KARANG LAUT

Hiay 13/12/2017.

Sala satu alat penagkapan ikan di laut yang biasanya di lakukan oleh para Nelayan di desa Hiay adalah dengan menggunakan alat tradisional yang di sebutkan oleh penduduk desa yaitu: Bubu, Bubu ini terbuat dari pohon bambu yang telah di buat sedimikian rupa untuk dapat di pergunaka sebagai alat penangkapan ikan oleh masyarakat desa Hiay.

Alat ini biasanya di jual kepada masyarakat yang membutukan untuk menangkap ikan di laut dengan harga yang begitu besar . harga perbuah dari Bubu ini sebesar Rp. 500.000. jadi , pengusaha Bubu di desa Hiay dapat menjadikan alat ini sebagai usaha meraka dan dapat di jual kepada masyarakat desa dan juga masyarakat dari luar.

Bubu merupakan alat penangkapan ikan yang suda ada sejak leluhur-leluhur yang suda hidup pada tahun- tahun sebelumnya ,namu Bubu ini masi di kembangkan sebagai alat penangkapan ikan yang di pergunakan oleh masyarakat desa Hiay,,Mengapa demikian,,,? padahal dunia sekarang sudah moderen,,sekarang suda ada alat alat penangkapan ikan yang lebi sempurnah atau canggih,dan bisa menghasilkan ikan yang lebih banyak, kenapa masyarakat desa Hiay masih Menggunakan Alat- Alat yang sudah kuno,,,,?

Karena dengan menggunakan Bubu ini,,masyarakat desa dapat memelihara terumbuh-terumbuh karang yang berada di dasar laut, perlu di ketahui bahwa Bubu tidak dapat merusak alam atau lingkungan dasar laut seperti alat-alat penangkapan ikan yang lainnya.

Ayo,,,,,mari bersama sama menjaga kelestarian dan keindahan alam kita Khususnya pada dasar laut seperti yang di lakukan oleh masyarakat desa Hiay.

penulis: a. ikanory

proses penarikan Bubu dari dasar laut

proses mengangkat Bubu

proses pembunuhan ikan di dalam Bubu

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan