PENANAMAN HUTAN MENTE DI DESA HIAY

Hiay 4/12/2017.

Sala satu potonsi unggulan di desa hiay adalah pohon jambu mente, jambu mente juga merupakan hasil yang sangat banyak yang terdapat di desa Hiay, kecamatan Wetar, kabupaten Maluku Barat Daya, propinsi Maluku. setiap Musim penanaman, para petani di desa Hiay selalu menanam anakan pohon Jambu mente ,setelah penanaman anakan pohon Mente ini dalam 3 tahun kemudian hasilnya akan di panen oleh pemilik lahan jambu mente. Semusim penanaman, biasanya setiap keluarga menanam sebanyak 100-300 pohon anakan jambu mente.

waktu panen dari hasil ini biasanya dalam 1 tahun sekali dengan harga per 1 kg Rp.25.000. setiap KK biasanya menjual dalam setahun itu, kurang lebih,1000 kg, dengan penghasilan ini maka, masyarakat desa Hiay dapat menunjang anaknya ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi , dalam arti dapat di kuliahkan, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

masyarakat desa masih membutuhkan para pembeli non lokal atau pembeli dari luar daerah, hal ini di karenakan pembeli lokal atau pembeli dari daerah sendiri masih sangat kurang dan tidak mampu untuk membeli hasil jambu mente yang ada di desa hiay.

penulis. a. ikanory

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan