HASIL UTAMA MASYARAKAT DESA HIAY

Hiay 1/12/2017               

                                                                                    GAMBAR 01.

Salah satu hasil utama masyarakat desa hiay yang terkenal adalah kelapa, pada umumnya para petani di desa hiay mepunyai pohon kelapa berkisar antara 100-1000 pohon kelapa per 1 kk, karena memang setiap lahan perkebunan masyarakat desa di setiap tahunnya selalu di tanami  pohon kelapa.

Buah kelapa di olah menjadi kopra dan dapat di jual kepada para pedagang-pedagang yang membeli kopra tersebut, baik itu pedagang lokal ,maupun pedagang nonlokal. Dengan terjualnya kelapa yang telah di olah menjadi kopra dan hasilnya dapat di gunakan untuk membiayai Anak-anak yang berada di tingkat pendidikan, dan dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat Desa Hiay.

Namun, pada akhir-akhir ini, masyarakat desa sngat kecewa dengan harga kopra yang tidak stabil, atau tidak memuaskan, padahal hanya dengan hasil ini ,masyarakat dapat melanjutkan anaknya ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi misalnya: berkuliah, dan dapat memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat desa.

Untuk itu,kami sangat mengharapkan bagi para pengusaha pengusaha yang ingin untuk untuk membeli kopra, bisa datang langsung di desa Hiay, kecamatan Wetar, Kabupaten Maluku barat Daya, propinsi Maluku.

penulis; a. ikanory

  GAMBAR 02.

GAMBAR 03

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan